Seni-Tari-Uzbekistan

0
830

Tradisi seni tari Uzbek mulai muncul di zaman kuno, sebagai bagian dari kegiatan upacara dan ritual yang dikhususkan untuk liburan, panen dan acara-acara keagamaan. Sudah pada Abad Pertengahan, tari adalah bagian integral dari budaya Timur.

Tari Uzbek sangat ekspresif, didominasi oleh gerakan tangan dan ekspresi wajah yang cerah. Kadang-kadang bahkan dibandingkan dengan pantomim. Seluruh filosofi tari adalah untuk mengekspresikan perasaan: kegembiraan, kesedihan dan, tentu saja, cinta. Sebelum memulai tarian, penari Uzbek secara tradisional menekan telapak tangan mereka ke jantung, dan kemudian merentangkan tangan mereka ke langit, seolah-olah mengatakan bahwa semuanya “berasal dari hati”.

Sekolah Khorezm dibedakan oleh orisinalitas gerakan dan ekspresi. Dasar dari gerakan banyak tarian adalah imitasi fauna – ini adalah tarian dari merpati, gopher, kambing, kucing, ayam dan domba pertempuran, tarian pheasant, angsa, burung puyuh dan burung camar. Penari berhasil meniru bahkan suara binatang.

Dalam tarian klasik, ada 3 sekolah: Khorezm, Fergana dan Bukhara.

Banyak elemen tari di daerah ini terkait dengan seni sirkus, di mana para guru “aerobatik” menari dengan api, pisau, atau tali. Tarian Khorezm yang paling ekspresif dan terkenal benar dianggap sebagai Lazgi, Dance on a Plate dan Dance of Broken Fingers. Yang terakhir ini dikaitkan dengan legenda kuno dari selir raja, yang pernah jatuh sangat keras dan mematahkan jari-jarinya. Agar tidak kesal dia tercinta, dia menari tanpa meluruskan jari. Raja sangat senang, mengambil gerakan aneh gadis itu, untuk tarian baru. Sekarang ini adalah salah satu gaya tari Khorezm yang paling populer.

Juga di sekolah Khorezm ada tarian satir yang menceritakan tentang profesi (tarian seorang nelayan, tukang roti, penata rambut, juru masak, gembala). Dalam tarian seperti itu bukan profesi yang diejek, tetapi orang tertentu. Kostum tari juga tidak biasa. Bagian integral dari kostum tari Khorezm pria adalah topi bulu kasar, topi, dan hiasan kepala perempuan di seberangnya sangat elegan. Kostum para penari dihiasi dengan banyak koin.

Sekolah Fergana ditandai oleh kelembutan, kelancaran dan ekspresif gerakan, langkah mudah meluncur, gerakan orisinal di tempat dan mengangkat tangan, “gerakan berbicara” dan elemen pantomim. Juga dalam tarian improvisasi wilayah Fergana sering diperbolehkan, karena di sekolah ini penekanan besar ditempatkan pada emosi dan perasaan. Banyak komposisi tari adalah pertunjukan miniatur nyata, adegan yang menggambarkan berbagai peristiwa dalam kehidupan seorang gadis muda – misalnya, pemisahan pahit dari kekasihnya, atau berbagai situasi sehari-hari: memetik kapas, membuat kain sutra, membuat kue.

Salah satu tarian paling populer di Lembah Fergana adalah “Tanovar”. Kata “tanovar” terdiri dari dua bagian – “tan” – tubuh atau jiwa, “ovar” – kesenangan, yaitu, “kesenangan jiwa.” Setiap gerakan tarian ini merupakan ekspresi dari jiwa perempuan yang menceritakan tentang cinta.

Sekolah Bukhara menggabungkan tradisi tari dari Bukhara dan Samarkand. Ada juga unsur komik dan sirkus di sini. Dalam tarian-tarian ini, gerakannya lebih tajam, kadang-kadang bahkan lebih mirip dengan senam, sangat sering ada bahu yang berguncang dengan tikungan ke depan dan ke belakang dan jatuh ke lutut. Fleksibilitas penari hanya mengagumi, dan permainan wajah menambah gairah untuk menari. Tarian paling terkenal dari sekolah Bukhara dianggap “bozy”, “larzon” dan “sarizon bozi”, di mana gerakan-gerakan yang kompleks dan meniru sangat cerah dilakukan.

Tidak seperti klasik, tarian rakyat Bukhara dicirikan oleh gerakan halus dan penggunaan alat musik batu Asia – “kayrok”, yang mempertahankan irama tarian. Dalam penampilan, kayrok menyerupai 2 kerikil datar. Alat ini merupakan bagian integral dari tarian rakyat Bukhara. Tarian rakyat dari masing-masing daerah dibedakan berdasarkan gaya penampilan, kostum, dan iringan musik mereka. Setiap tarian rakyat adalah pertunjukan di mana penari menceritakan tentang budaya, sejarah dan kehidupan di wilayahnya.

Yang paling menonjol adalah tarian rakyat wilayah Kashkadarya. Tarian seperti itu disertai dengan lagu-lagu lama dan aktor aktor penari yang cerdas. Ada gairah, genit, dan ketegangan. Dalam tarian seperti itu sering digunakan peralatan rumah tangga tua – sendok kayu, piring dan kendi. Potongan kostum mereka sederhana, tetapi warna kain dan ornamen besar menarik perhatian. Dan tarian mereka begitu menular sehingga mustahil untuk menolak dan tidak mulai menari!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here